Jumat, 15 Oktober 2010

Jolie Bantah Pengaburan Fakta di Film Bosnia Garapannya

LOS ANGELES - Aktris Hollywood yang kini meretas karier sebagai sutradara, Angelina Jolie , buka mulut untuk menjelaskan kabar miring mengenai film yang akan dibuatnya di Bosnia.

Pemerintah Bosnia menolak izin yang diajukan Jolie untuk pengambilan adegan di negara Balkan itu.
Pasalnya, film yang disebut Jolie diduga mengandung unsur pengaburan fakta terkait sejarah perang Bosnia-Serbia yang terjadi pada 1992 hingga 1995.

"Ada banyak bagian dari plot film ini yang mengandung sisi sensitif dari hubungan antara karakter utama. Dan baru akan terungkap setelah film ini jadi. Harapan saya, orang-orang akan menahan diri memberikan komentar sampai mereka melihat film utuhnya," jelas Jolie yang dikutip Reuters, Jumat (15/10/2010).

Pasangan hidup Brad Pitt ini menjelaskan, film itu bercerita mengenai kisah percintaan antara perempuan Bosnia dan pria Serbia. Ironisnya, hubungan itu terjadi saat dua negara sedang dalam konflik berbau SARA.


Aktivis perempuan Bosnia, Bakira Hasecic di harian Bosnia Oslobodjenje mengkritik film ini. "Dalam film ini seorang korban justru jatuh cinta dengan pria yang sebenarnya malah menyiksa dia," ujar Bakira yang juga Presiden Assosiasi Perempuan Korban Perang.

Bakira mengemukakan, berdasarkan isi skenario yang dia ketahui, film tersebut bisa mengaburkan fakta yang sebenarnya terjadi di kamp-kamp tahanan perang perempuan Bosnia. (okeZone News)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar